ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MULTIPLE CHOICE PADA TES AKADEMIK MATEMATIKA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU SEKOLAH TINGGI SANDI NEGARA (SPMB STSN) TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Diyah Kiki Widiyaningrum, Nurul Syamsiah, Riska Septiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pada tes akademik matematika Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Sandi Negara (SPMB STSN). Kualitas soal dapat ditinjau dari butir soal yang dianalisis dengan toeri pengukuran klasik, yaitu Indeks Daya Kesukaran (IDK), Indeks Daya Beda (IDB) dan Efektivitas Pengecoh Atau Pengecoh.
Metode penelitian ini bersifat kuantitaif dengan pengambilan data menggunakan metode sampling cross section (insidentil) sedangkan untuk instrument penelitian menggunakan lembar jawaban komputer Digital Mark Reader (LJK DMR) dengan objek penelitiannya adalah hasil tes akademik matematika peserta seleksi SPMB STSN tahun akademik 2017/2018.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indeks Tingkat Kesukaran untuk kategori sulit sebanyak 14 butir atau mencapai 46,7%, kategori sedang sebanyak 13 butir atau mencapai 43,3% dan kategori mudah sebanyak 3 butir atau mencapai 10%. Indeks Daya Beda untuk kategori diterima mencapai sebanyak 10 butir atau sebesar 33,3%, kategori direvisi sebanyak 19 butir atau sebesar 63,3% dan kategori dibuang sebanyak 1 butir atau sebesar 3,3%. Efektivitas Pengecoh dengan kategori diterima/layak sebanyak 23 butir atau mencapai 76,7%, sedangkan kategori direvisi sebanyak 7 butir atau mencapai 23,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas butir soal multiple choice tersebut kurang baik dan masih perlu direvisi.


Kata Kunci : Analisis Data, Multiple Choice, Kualitas Butir Soal.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bruno, L. (2019) ‘Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Pada Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas X SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689– 1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Kurniati, E. (2017) ‘Mengukur kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan baak amik akmi baturaja’, (0267), pp. 237–246.

Nurgiyantoro, B. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE. Saido, dkk.

Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Baghaei, P.&Amrahi, N. The Effects of The Number of Options on The Psychometric Characteristics of Multiple Choice Items. Psychological Test and Assessment Modeling. Vol. 53 (2) pp. 192-211

Sudjino, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syahrial, M. A. 2002. Karakteristik Soal Ulangan IPA Kelas II SLTP Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tesis S2. Yogyakarta: PPS UNY.

Solichin Mujianto (2017) ‘Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan’, Journal Unipdu, 2, pp. 192–213. Available at: Journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/download/879/637%0A%0A.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v8i2.197

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.