ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BPR ARTA PRIMA SEJAHTERA

Karnawi Kamar

Sari


ABSTRAK
Mengingat persaingan bank dewasa ini semakin ketat, maka manajemen bank harus memiliki kemampuan untuk
menyusun strategi promosi dan memberikan pelayanan yang prima sehingga diharapkan mampu memuaskan nasabah,
calon nasabah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Adapun desain penelitian yang gunakan dalam penelitian ini, yaitu desain
penelitian deskriptif. Sampel diambil tidak secara acak, tapi ditentukan sendiri oleh peneliti dengan jumlah sampel 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian baik secara simultan terdapat pengaruh yang posit dan signifikan variabel strategi
promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Demikian juga secara parsial,
terdapat pengaruh strategi promosi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera.
Demikian juga terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
BPR Arta Prima Sejahtera.
Kata kunci : strategi promosi, kualitas pelayanan, & kepuasan Nasabah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bateson, John E. G., 2001. Managing

Service Marketing, Third Edition,

Orlando, Dreyden.

Firdaus, 2006. Pengaruh Kinerja

Pengoperasian dan Penyerahan

Jasa Kelistrikan Terhadap Nilai

Pelanggan dan Citra Perusahaan,

serta Pengaruhnya Terhadap

Kesetiaan Pelanggan Listrik

Rumah Tangga Di Jawa. Disertasi.

Jakarta.

Grant, Allison, 1997. Standars Measure

and Performance Indicator,

Handbook of Customer Service,

Gower Publishing Limited.

Griffin, Jill, 2002. “Customer Loyalty how

To earn it, How To kep it I “, Mc

Graw Hill, kentucky.

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran

dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.

Bandung.

Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2000.

“Principle of Marketing “, Prentice

Hall International Inc., Ney Jersey.

Lovelock, Christoper, 2002. “Service

Marketing and Management”,second edition Prentice Hall, New

York.

Oliver, Richard, 1996. “Satisfaction a

Behavior Perspective on The

customer”, Mc Graw Hill, New

York.

Peter, Paul and Olson, Jerry, 1999.

Consumer Behaviour and

marketing Strategy, Third Edition,

Homewood, Il Irwin.

Zethaml, A, Valerie and Marry Jo Bitner,

,. “Service Marketing “, Mc

Graw Hill, New Jersey.

Singgih, Santoso dan Tjiptono, Fandy.

Riset Pemasaran : Konsep

dan Aplikasi dengan SPSS. PT.

Elekmedia Komputindo Gramedia.

Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen

Pemasaran Jasa. Andi ofset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v2i1.147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.