SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN KONSEP E-BUSINESS B2B : Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya

. Jumiran, Aminul Fitri, Beby Tiara

Sari


ABSTRAK
Pada era perdagangan bebas saat ini merupakan masa persaingan yang hebat dan kompetitif diantara produsen
dalam memasarkan hasil produknya.Seluruh produsen saling berusaha dan berlomba-lomba supaya produknya dapat
diterima bagi masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini yang dilakukan salah satunya suatu
perusahaan yang bergerak dibidang furniture yaitu PT. Trifoli Kayakarya yang beralamatkan di Jl. Arya Santika, Km
3,2, Desa Pasir Nangka, Tigaraksa, Tangerang, Banten.
Metode yang digunakan adalah penerapan teknologi informasi berbasis web, yang dikembangkan dengan konsep EBusiness dengan fokus pada model B2B (Business To Business).
Konsep bisnis B2B yang dirancang pada PT. Trifoli Kayakarya bertujuan tidak seperti konsep E-Commerce pada
umumnya, tetapi mempunyai setrategi dan tujuan khusus dalam usaha meningkatkan pemasaran produknya.
Harapan dari penelitian ini PT. Trifoli Kayakarya tetap mampu bersaing dalam penjualan produknya ditengah era
perdagangan bebas termasuk menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Kata kunci : Sistem Informasi, Pemasaran, Produsen, E-Bisiness, E-Commerce, B2B


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Mcleod, Raymond, “Sistem Informasi

Manajemen, Jakarta, PT.Prenhallindo.”,

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran di

Indonesia : Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Pengendalian. Salemba

Empat. Jakarta.”, 2001

Budi Sutedjo Dharma Oetomo,

“Perspektif e-business : tinjauan teknis,

manajerial, dan strategi. Penerbit Andi,

Yogyakarta” 2001

Stanton, William J, “Prinsip Pemasaran.

Erlangga Jakarta” , 2001

Koch Hope, “business-to-business

electronic commerce marketplaces : The

alliance process journal of electronic

commerce research, Texas A&M

University” 2002

Rommey, Krismiaji, “Sistem Informasi

Manajemen” 2002

Andam, ZR, “E-Business & E-Commerce”

Tata Sutabri, “Sistem Informasi

Manajemen, Andi Yogyakarta”, 2005

Swastha, Basu dan Irawan, “Manajemen

Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta”

O'Brien, A, James. Introduction to

Information Systems, 12 th ed.

Dialihbahasakan oleh Dewi Fitriasari dan

A, Kwary Deny. Jakarta: Salemba Empat,

Putri , Analisa Strategi Pemasaran Usaha

Jasa Pembuatan dan Perbaikan

Furniture:Studi kasus UD. Suryani

Furniture Bogor Jawa Barat, Bogor:Institut

Pertanian Bogor

Kertahadi, “Pengertian Sistem Informasi

Manajemen”,2007

Merry, “Karakteristik Website B2B” 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v4i1.77

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.