PROTOTIPE E-LEARNING GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN DIKLAT HEALTH SAFETY DAN ENVIRONMENT (HSE) JARAK JAUH : STUDI KASUS PT BUILDING AND PLANT SAFETY INSTITUTE

Sayudi Saleh, . Moedjiono

Sari


Sayudi Saleh1, Prof. Dr. Moedjiono, M.Sc2
Teknologi Sistem Informasi, Magister Ilmu Komputer, Universitas Budi Luhur
Jl. Raya Pasir Putih, Sawangan, Kota Depok, 13630. Indonesia.
Email1: yudai.keraton@gmail.com, Email2: moedjiono@depkominfo.go.id,
ABSTRAK
Pembelajaran Diklat dapat memanfaatkan teknologi pendidikan jarak jauh sebagai alternatif
peserta diklat dapat mengakses bahan pelatihan dalam bentuk e-learning yang dikembangkan
dengan bahasa pemrograman PHP dan basisdata MySQL. Dalam rancangan prototipe aplikasi e
learning ini terlebih dahulu dilakukan analisa terhadap objek dengan metode Object Oriental
Analysis and Design, menggunakan metode prototype serta metode Pengujian validasi
menggunakan Focus Group Disscussion. Kualitas perangkat lunak yang dihasilkan diuji
berdasarkan perangkat lunak dengan mengadopsi ISO 9126, dengan empat karakteristik kualitas
yaitu: functionality, reliability, reliability dan usability dengan hasil presentase sebesar 82,53 %
adalah baik dengan menggunakan metode kuesioner dan pengujian keamanan dengan Loic
1.0.7.0, Acunetix Web Vulnerability Scanner dan WebPageTest dengan hasil testing performance
baik dan tingkat keamanannya yang baik.
Kata kunci: Pembelajaran Diklat, E-learning, PHP and MySQL, prototipe, Object Oriented
Analysis and Design, Focus Group Discussion, ISO 9126, Loic 1.0.7.0, Acunetix Web
Vulnerability Scanner dan WebPageTest.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

FIP UPI. Ilmu Pendidikan. Jakarta :

PT. Imperail Bhakti Utama. 2007.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh

Berbasis Teknologi Informasi

dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta,

Nasrul Sjarief, Himpunan Peraturan

Perundang-undangan K3,

Depnakertrans RI, Jakarta, 2006.

Dennis, Alan dan at.al. Systems

Analysis and Design with UML – 3rd

Edition. John Wiley & Sons, Inc,

Ferrinanto. Pemanfaatan Teknologi

Open Source Dalam

Pengembangan Proses Belajar Jarak

Jauh di Perguruan Tinggi.

Janapati, vol. 1, No.1, (Maret 2012) :

Ali, Taufik, Irsan. Pemanfaatan

Teknologi Multimedia Sebagai

Sarana Pendukung Interaksi Pada

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh

Berbasis Web. Tesis. Sekolah

Pascasarjana Universitas Gajah Mada

Program Studi Magister Teknologi

Informasi (Januari 2008).

Asfira, Metra, Cokorda. Aplikasi

Sistem Pendidikan Jarak Jauh

Berbasis Web. Bandung : Computer

Network Research Group Institut

Teknologi Bandung (ITB), 1999.

Moedjiono. Pedoman Penelitian,

Penyusunan dan

Penilaian Tesis (V.5). Jakarta:

Universitas Budi

Luhur.http://www.pascasarjana.budiluh

ur.ac.id/2012/10/pedoman-tesisppsubl-v5-010112.(diakses tanggal 10

Pebruari 2013).

ITS.E-Learning Syarat Menuju

Kelas Dunia.

www.its.ac.id/Elearning Syarat

Menuju Kelas Dunia – Institut

Teknologi Sepuluh Nopember

(ITS).html.

http://www.its.ac.id/berita.php?no

mer=5534. (diakses tanggal 15

Nopember 2012).

Sugiyono. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v4i2.42

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.