PERANCANGAN MOBILE COMMERCE BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS (STUDI KASUS:TOKO ILHAM BANJAR)

Imam Fauzy Muldani Rachmat

Sari


Transaksi penjualan yang dilakukan oleh Toko Ilham Banjar masih menggunakan metode konvensional dimana pelanggan harus datang ke tempat, pencatatan transaksi penjualan  pada buku manual. Selain itu untuk membuat laporan perlu dilakukan pemindahan data  ke program spreadsheet, customer harus antri apabila sedang banyak yang beli. Promosi yang dilakukan oleh Toko Ilham menggunakan brosur yang menyebabkan pemborosan kertas. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi mobile commerce sehingga dapat memudahka pengguna dalam melakukan transaksinya. Metode pengembangan sistem pada penelitian adalah metode RUP(Rational unified process) yang terdiri dari fase Inception, Elaboration, Construction  dan Transition. Model Diagram yang digunakan adalah menggunakan UML. Aplikasi dirancang menggunakan Bahasa pemrograma flutter,PHP, dan MySQL untuk pengelolaan databasenya. Output yang dari penelitian ini menghasilkan aplikasi mobile commerce dengan fitur login, registrasi, ubah profil, tambah kasir, laporan penjualan, rekomendasi produk, order, konfirmasi order, kelola voucher, klaim voucher, batalkan order dan upload bukti pembayaran. Pengujian aplikasi menggunakan metode blackbox testing dengan kesimpulan secara keseluruhan valid.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzy Muldani Rachmat, Imam, and Gazali Gazali. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Bahasa Isyarat Tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Android.” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 12(2): 160–71.

Perwitasari, Ririn, Royana Afawani, and Sri Endang Anjarwani. 2020. “Penerapan Metode Rational unified process (RUP) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Medical Check Up Pada Citra Medical Centre.” Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, dan Aplikasinya (JTIKA ) 2(1): 76–88.

Rachmat, Imam Fauzy Muldani. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Mencari Perbedaan Gambar Buah Untuk Anak Usia Dini 4 – 6 Tahun.” Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) 9(1).

Rachmat, Imam Fauzy Muldani, and Gazali Gazali. 2021. “Development of an Android-Based Sign Language Education Game Using a Scrum-Game Approach.” JUITA: Jurnal Informatika 9(1): 57.

Saharna, Nana, and Kasman Rukun. 2019. “Perancangan Sistem E-Commerce Berbasis Web Pada Toko Indah Surya Furniture.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 7(1): 38.

Susilo, Muhammad. 2018. “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall.” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) 2(2): 98–105.

Tia, Tuti Karen, and Wahyu Andhyka Kusuma. 2018. “Model Simulasi Pengembangan Perangkat Lunak Menggunakan Rational unified process (Rup).” Teknika: Engineering and Sains Journal 2(1): 33.

Zulbichaq, A, Y T Musrsityo, and M C Saputra. 2018. “Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Pada Tugu Hotel Lombok Menggunakan Metode Rational unified process.” … Teknologi Informasi dan … 3(3): 2490–98. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/4748/2191.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v10i2.222

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.