PENERAPAN METODE FUZZY FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS) UNTUK PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN PRODUKSI BERBASIS WEB DI PT VICTORY CHING LUH INDONESIA

Rizky Febrisa Putra, Adiyanto Adiyanto, Masduki Asbari

Sari


ABSTRAK

 

PT Victory Chingluh Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri manufaktur yang memproduksi sepatu olahraga dengan merk-merk global ternama, dengan pendapatan tahunan lebih dari US$ 1 Milyar, dan mempunyai 1500 Pekerja. Pengolahan data yang sedang berjalan khususnya untuk pekerja data mesin atau equipment management di PT Victory Ching Luh Indonesia masih dilakukan secara manual seperti pengolahan transaksi data mesin, dan pengolahan laporan data mesin, sehingga menyulitkan User dalam merekapitulasi data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Fuzzy FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk membantu mengolah data transaksi penjadwalan maintenance. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall, aplikasi berbasis web ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dengan sistem informasi yang dibuat, diharapkan dapat mempermudah pemakai dalam mengontrol masalah masalah yang ada didalam perusahaan khususnya pekerja data mesin atau equipment management serta data-data akan tersimpan dengan baik agar lebih efektif dan efisien.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


B. W. Wahyanto dan S. W. Iriananda, “ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI PENJADWALAN ARMADA TRAVEL MENGGUNAKAN METODE FUZZY WEIGHTED PRODUCT (FWP),” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 3, Desember 2017.

Ahmad, Manajemen Mutu Terpadu, Makasar: Nas Media Pustaka, 2020.

Martono dan R. Virona, Analisis Produktivitas dan Efisiensi, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Hu-Chen, Liu, FMEA Using Uncertainty Theories and MCDM Methods, Basingstoke: Springer, 2016.

I. Nurdin dan S. Hartati, Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v10i2.220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.