IMPLEMENTASI E-LEARNING SYSTEM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA/I (STUDI KASUS : STIE – STMIK INSAN PEMBANGUNAN BITUNG, KAB. TANGERANG)

Pratomo Djati N, Ipang Sasono

Sari


Pratomo Djati Nugroho1, Ipang Sasono2
Dosen STMIK Insan Pembangunan
Jurusan Sistem Informasi
Email1: pratomo.djati.nugroho@gmail.com,
Email2: kenmeidearu@gmail.com
Dibiayai Oleh :
Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat
Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Sesuai dengan Kontrak Penelitian Tahun Anggaran 2017
Nomor : 1598 / K4 / KM / 2017
ABSTRAK
Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu instansi. Penggunaannya
tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi,
kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadi
akan efisien, terukur dan fleksibel. Konsep belajar mengajar berbasis teknologi informasi telah dikenal
saat ini dengan istilah e-learning yang membawa pengaruh terhadap proses transformasi pendidikan
konvensional ke dalam bentuk digital. Learning Center Division membutuhkan waktu yang lama dalam
mengelola data pelatihan mahasiswa/i khususnya pada metode pelatihan class room. Perumusan
masalah adalah informasi ke mahasiswa/i yang didapat oleh Learning Center Division tidak up to date
atau selalu berubah tiap bulannya, sehingga seringkali terjadi kesalahan dalm input data administrasi
pelatihan mahasiswa/i. Learning Center Division setiap bulannya membutuhkan beberapa tenaga kerja
tambahan, baik berupa mahasiswa magang untuk membatu mengelola data pelatihan. Learning Center
Division mempunyai tenaga kerja yang sedikit dan terbatas sedangkan peserta pelatihan yang setiap
tahunnya selalu bertambah banyak, hal ini dirasakan tidak efisien dalam pelaksanaan proses
administrasi, pelatihan itu sendiri dan pengerjaan laporan. Batasan masalah adalah bisnis proses
pelatihan mencakup pada dua metode pelatihan mahasiswa/i yaitu metode pelatihan e-learning dan
class room. Metode pelatihan tersebut meliputi pengelolaan administrasi, knowledge, informasi
pelatihan, sertifikasi pelatihan dan output sistem berupa laporan pelatihan mahasiswa/i. Penelitian ini
tidak mencakup proses penjelasan materi atau tes soal pelatihan dikarenakan perguruan tinggi
mengharuskan penggunaan jaringan intranet pada ujian kompetensi terkait keamanan informasi
perguruan tinggi dan disetiap pelatihan terdapat praktikum pelatihan. Tujuan penelitian ini
menganilisis, merancang dan membuat e-learning system. Metode pengembangan sistem yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Object Oriented Analysis Design (OOAD) dengan model
waterfall strategy sequential dengan tools Unified Modelling Language (UML). Teknologi yang
digunakan dalam pengembangan perangkat lunak sistem menggunakan PHP sebagai bahasa
pemrograman dan MySQL sebagai database server. Penelitian ini menghasilkan e-learning system yang
mencakup pembelajaran dan pengelolaan pelatihan mahasiswa/i pada metode pelatihan class room dan
e-learning yang meliputi administrasi, knowledge, informasi ke mahasiswa/i, sertifikasi dan laporan
pelatihan mahasiswa/i.
Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, E-learning System, Waterfall Strategy Sequential, Pembelajaran
dan Pengelolaan Pelatihan Mahasiswa/i.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anantapur, Andhra Pradesh. 2011. Four

Layered Approach to Non-Functional

Requirements Analysis. India :

International Journal of Computer

Science Issues (IJCSI). Vol. 8, Issue

, No 2.

Bank Mandiri Syariah. 2012. Laporan Good

Corporate Governance. Jakarta :

Bank Syariah Mandiri.

Dennis, Alan., Wixom, Barbara Haley.,

Tegarden, David. (2005). System

Analysis and Design With UML

Version 2.0 : An Object-Oriented

Approach 2nd Edition. United States:

John Wiley & Sons.

Dessler, Gary. 2011, Manajemen Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Indeks.

Effendi, Zhuang. 2005. E-learning Konsep dan

Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Jogiyanto HM. 2005. Analisis dan Desain

Sistem Informasi Pendekatan

Terstruktur Teori dan Praktek

Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem

Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kadir, Abdul. 2008. Tuntunan Praktis Belajar

Database Mengunakan MySQL.

Yogyakarta: Andi.

Mathiassen L. 2000. Object Oriented Analysis

and Design. Denmark: Marko

Publishing.

Mcardle, Robert. 2011. HTML Overview: A

Look At HTML5 Attack Scenarios.

Trand Micro: Trand Micro Research

Paper.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan

UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nazir, M. 2005. Metodologi Penelitian.

Jakarta: Ghalia.

Palupi Sri, Meuthia R., Abdul R.S. 2012.

Analisis Dan Desain E-Learning

Diklat Teknis Pengelolaan

Perpustakaan Menggunakan Standar

Learning Technology System

Architecture. Bogor: Visi Pustaka

Vol. 14, No. 3.

Peranginangin. 2006. Aplikasi Web dengan

PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi.

Prasetyo, Didik.D. 2002. 150 Rahasia

Pemograman Java. Jakarta : Elek

Media Koputindo.

Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat

Lunak Pendekatan Praktisi.

Yogyakarta: Andi.

Rivai, Veithzal, Andi Buchari. 2009. Islamic

Economics. Jakarta: Bumi Aksara.

Rustiyawan, Gigih Jayadi. 2011. Rancang

Bangun Sistem E-Learning Pada

Sistem Perkuliahan Di Program

Sarjana Alih Jenis Manajemen

(PSAJM) IPB. Bogor: Fakultas

Ekonomi dan Manajemen Institut

Pertanian Bogor.

Salamah, D.A. 2008. Adaptasi E-learning

Pada Sisi Server Untuk Aplikasi Mlearning. Bogor: Fakultas Matematika

dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut

Pertanian Bogor.

Siagian, Sondang P. 2005, Sistem Informasi

Manajemen. Edisi Kedua, Jakarta:

Bumi Aksara.

Simarmata, Janner., Imam, Prayudi. 2006.

Basis Data. Yogyakarkta : Andi.

Supriyanto, Dodit. 2008. Buku Pintar

Pemrograman PHP. Bandung :

OASE Media.

Suryana, Sumantri. 2005, Psikologi Personel.

Bandung : Universitas Padjadjaran.

Whitten, J. L., & Bentley, L. D. 2007. System

Analysis and Design for The Global

Enterprise Seventh Edition. New

York: McGraw Hill.JURNAL IPSIKOM Vol. 5 NO. 2 DESEMBER 2017 ISSN : 2338-4093

Wulandari, Astri., Dini T.A. 2008. Pengaruh

Pelatihan dan Disiplin Kerja

Terhadap Kinerja Mahasiswa/i Pada

Yayasan Pendidikan Telkom.

Bandung: Manajemen

Telekomunikasi dan Media Institut

Manajemen Telkom Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v5i2.22

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.