RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA IFA INTERIOR

ENGGAR MAYLIANDA AYU, . ADIYANTO, MASDUKI ASBARI

Sari


ABSRAK Ditengah ekonomi yang kompetitif seperti sekarang, perusahaan dan organisasi maupun Home Industry harus mementingkan pelanggan serta meningkatkan komunikasi dengan pembeli secara lebih baik. Kunci sukses menghadapi pasar yang kompetitif ialah prefrensidan loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan bisa menjadi jaminan kelangsungan hidup bagi perusahaan. IFA Interior menyadari akan pentingnya loyalitas pelanggan tersebut. Untuk mengurangi kelemahan pada Strategi Bisnis, maka peneliti merancang suatu sistemyang bermaksud untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menerapkan salah satu strategi yaitu CRM. Diharapkan dengan menerpkan strategi CRM, IFA Interior dapat memenangkan loyalitas pelanggan dan terus meningkatkan loyalitas pelanggannya. Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan adalah sebelum adanya sistem ini dalam Strategi Bisnis mendapatkan loyalitas pelanggan masih dilakukan dengan cara tatap mukadengan pengunjung toko atau survey ke lokasi pembuatan Furniture namun setelah adanyasistem ini melihat katalog dan berinteraksi dengan Store IFA Interior dapat diakses dalamsistem berbasis web, yang dapat bermanfaat bagi Store IFA Interior dan juga pelanggan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Lukman dan Munawir. (2018). Sistem

Informasi Manajemen. Aceh: Lembaga

Kita .

Amatullah, S. (2018). Penerapan Strategi

Cutomer Relationship Management

(CRM) pada Sistem Informasi Pelayanan

Pelanggan. Riau: UniversitasIslam Riau

Elisabet Yunaeti Angraeni dan Rita Irviani.

(2017). Pengantar Sistem Informasi.

Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Fatta, H. A. (2017). Analisis & Perancangan

Sistem Informasi. Yogyakarta:CV.Andi

Offset.

Kurnia Cahya Lestari dan Arni Muarifah Amri.

(2020). Sistem Informasi Akuntansi.

Yogyakarta : CV.Budi Utama.

Maniah dan Dini Hamidi. (2017). Analisis dan

Perancangan Sistem Informasi.

Yogyakarta: CV.Budi Utama.

Muhamad Muslihuddin dan Oktafianto. (2016).

Analisa dan Perancangan Sistem

Informasi Menggunakan Model

Terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV.

Andi Offset.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan

Perancangan Sistem. Bandung: Abdi

Sistematika.

Sugiana, D. (2018). Strategi Customer

Relationship Management (CRM)

padaPT. Angkasa Pura. Bandung:

Universitas Padjadjaran

Supaidi, A. (2018). Implementasi Customer

Relationship Management (CRM)

Pelayanan Pelanggan (Corporate)

Devisi Bges pada PT. WITEL SumSel. Sumatera Selatan: Universitas

Sriwijaya




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i2.203

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.