Gambar Sampul

RANCANG BANGUN SISTEM E-MARKETING DENGAN PENDEKATAN SISTEM BERORIENTASI OBJECT PADA PT. KHAULA PRIMA

Mustar Aman

Sari


Dengan adanya perkembangan Information and Communication Technology (ICT) yang sangat pesat sekarang ini, tentu turut berdampak besar juga pada perubahan yang sangat signifikan dalam berbagai bidang, e-marketing pada abad ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan diminati para pelaku usaha karena memiliki peluang yang cukup menjanjikan termasuk di kota-kota besar seperti Tangerang. PT. Khaula Prima merupakan sebuah deplover yang bergerak di bidang property. Hingga saat ini sistem e-marketing  pada PT. Khaula Prima dapat menjual perumahan 10 unit dalam satu bulan. Masalah yang terjadi pada system e-marketing pada PT. Khaula Prima adalah sistem pemasaran rumah dan pengelolaan data belum terkomputerisasi karena proses pemasaran rumah dan pengolahan data selama ini masih konvensional dan list daftar pemesanan    maupun pricelist harga unit rumah yang belum terinci.

Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem pemasaran unit perumahan dengan menggunakan analisis konseptual dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat apa saja pada PT. Khaula Prima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diketahui managemen dapat dilihat pada beberapa proses yaitu membuat perincian harga rumah, type rumah dan posisi blok rumah serta rincian KPR serta rincian lainnya.

Kata Kunci : E-marketing, sistem, properti, objek oriented, UML


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Acikgoz, F. and Burnaz, S. (2021) ‘The influence of ‘influencer marketing’ on YouTube influencers’, Int. J. Internet Marketing and Advertising, Vol. 15, No. 2, pp.201–219.

Aghdaie, S.F.A., Sanayei, A. and Etebari, M. (2012) ‘Evaluation of the consumers’ trust effect on viral marketing acceptance based on the technology acceptance model’, International Journal of Marketing Studies, Vol. 4, No. 6, pp.79–94 [online] https://doi.org/10.5539/ijms.v4n6p79.

Ambroise, L., Pantin-Sohier, G., Valette-Florence, P. and Albert, N. (2014) ‘From endorsement to celebrity co-branding: personality transfer’, Journal of Brand Management, Vol. 21, No. 4, pp.273–285.

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R. and Stephen, A.T. (2020) ‘The future of social media in marketing’, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 48, No. 1, pp.79–95 [online] https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1.

De Veirman, M., Cauberghe, V. and Hudders, L. (2017) ‘Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude’, International Journal of Advertising, Vol. 36, No. 5, pp.798–828, DOI: 10.1080/02650487.2017.1348035.

Elisabeth Yunaeti Anggraeni dan Rita Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2017.

Hidayatullah, Priyanto, dan Jauhari Khairul Kawistara, Pemrograman WEB Edisi Revisi. Bandung: INFORMATIKA, 2017.

Jeperson Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta:Deepublish, 2015.

Jin, S.V. and Muqaddam, A. (2021) ‘‘Fame and Envy 2.0’ in luxury fashion influencer marketing on Instagram: comparison between mega-celebrities and micro-celebrities’, Int. J. Internet Marketing and Advertising, Vol. 15, No. 2, pp.176–200.

Karuniawati, Sari, Sri Widowati & Iman Lukmanul Hakim, Implementasi Case Effect Graphing (CEG) Dalam Pengujian Requirement Perangkat Lunak (Studi Kasus : Aplikasi G-Colleger). E-Proceeding Of Engineering. Vol. 2 No. 2 Agustus 2015, pp. 2-15.

Madcoms Madiun, Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula. Yogyakarta: ANDI, 2016.

Madcoms, Sukses Membangun Toko Online Dengan PHP & MsyQL. Yogyakarta: CV.Andi Offset, 2016.

Napompech, K., Kuawiriyapan, S. Factors Influencing The Selection of Tutoring Schools Among Junior High School Students in Thailand. International Journal Arts Sei. (4): 2011. 347-357.

Pasaribu, J. S. Penerapan Framework YII Pada Pembangunan’, jurnal ilmiah teknologi informasi terapan, III (2), pp. 154–163. 2017.

Robi Yanto. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish, 2016.

Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Obyek. Bandung : Informatika, 2015.

Rosa, A.S dan Shalahuddin, M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Obyek. Cetakan Keempat. Bandung : Informatika, 2016.

Sigit, Riyadi. Implementasi Reminder Sms Gateway untuk Pembayaran Jatuh Tempo Pada Koperasi Gadai. Jurnal Spirit. Vol.9 No.1.1 Mei 2017.Issn:2085-3092.

Simarmata, Janner. “Rekayasa Perangkat Lunak”. ANDI, Yogyakarta: 2010.

Sri Mulyani. Metode Analisis Dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.

Sugiyono. “Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Alfabeta, Bandung: 2010.

Sutopo, Priyo, Dedi Cahyadi & Zainal Arifin. (2016). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol.11 No.1 Februari 2016.

Stubb, C., Nyström, A. and Colliander, J. (2019) ‘Influencer marketing: the impact of disclosing sponsorship compensation justification on sponsored content effectiveness’, Journal of Communication Management, Vol. 23, No. 2, pp.109–122 [online] https://doi.org/10.1108/ JCOM-11-2018-0119.

Van Doorn, J., Lemon, K.N., Mittal, V., Nass, S., Pick, D., Pirner, P. and Verhoef, P.C. (2010) ‘Customer engagement behavior: theoretical foundations and research directions’, Journal of Service Research, Vol. 13, No. 3, pp.253–266 [online] https://doi.org/10.1177/ 1094670510375599.

Vasconcelos, C., da Costa, R.L., Dias, Á.L., Pereira, L. and Santos, J.P. (2021) ‘Online influencers: healthy food or fake news’, Int. J. Internet Marketing and Advertising, Vol. 15, No. 2, pp.149–175.

Williamson, D.A. (2019) Global Influencer Marketing 2019 [online]

https://www.emarketer.com/content/ global-influencer-marketing-2019 (accessed 3 May 2020).

Xiong, Y., Cheng, Z., Liang, E. and Wu, Y. (2018) ‘Accumulation mechanism of

opinion leaders’ social interaction ties in virtual communities: empirical evidence from China’, Computers in Human Behavior, May, Vol. 82, pp.81-93.

Zhang, L., Zhao, J. and Xu, K. (2016) ‘Who creates trends in online social media: the crowd or opinion leaders?, Journal of Computer-Mediated Communica-

tion, Vol. 21, No. 1, pp.1–16 [online] https://doi.org/10.1111/jcc4.12145.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.195

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.