Gambar Sampul

PERANCANGAN SISTEM PEMANTAUAN KENDAARAAN PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN GPS PADA PT. ALBI BERBASIS WEB

Suroso ., Irfan Nadhir Seta

Sari


Pengiriman barang merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah perusahaan untuk menjaga roda perekonomian perusahaan dan juga menjaga kepercayaan serta kepuasan pelanggan atau customer.

Salah satu penerapan teknologi yang dapat memantau posisi dan lokasi kendaraan selama proses pengiriman adalah dengan menggunakan GPS pada setiap kendaraan yang melakukan proses pengiriman. GPS (Global Positioning System) adalah suatu sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. GPS berfungsi dalam segala kondisi cuaca, di manapun lokasi di dunia, 24 jam sehari serta tanpa adanya biaya berlangganan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah dengan metode Object Oriented Analysis and Design menggunakan Unified Modelling Language.

Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan CodeIgniter sebagai frame work serta MySQL sebagai database. Teknik pengujian sistem dilakukan dengan pendekatan black box testing. Hasil dari penelitian berupa perangkat lunak sistem pemantauan kendaraan pengiriman barang menggunakan GPS berbasis web yang berfungsi menyediakan informasi mulai dari proses persiapan, pembuatan jadwal, penentuan kendaraan dan sopir serta lokasi posisi dan lokasi kendaraan secara real time selama proses pengiriman barang.

Kata kunci : pengiriman, pemantauan, GPS, tracking, PHP CodeIgniter


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


[Maimunah 2016] Maimunah, M., Septiyan, S., & Setiawan, B. Structure Project Application Pelayanan Pasien Rawat Jalan pada RSIA Selaras. Journal Cerita, 2(2), 199-213.

[Andalia 2015] Andalia, F., & Setiawan, E. B. Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan data pencari kerja pada dinas sosial dan tenaga kerja kota padang. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 4(2), 93-98.

[Setiawardhana 2019] Setiawardhana, dkk. 10 Jam Belajar Cepat Arduino. Jakarta: Bumi Aksara.

[Wikipedia] Wikipedia. “Pemantauan”.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemantauan

(Diakses tanggal 18 Februari 2020).

[Wikipedia] Wikipedia. “Penelitian Terapan”

http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_terapan

(Diakses tanggal 19 Februari 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.193

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.