Gambar Sampul

IMPLEMENTASI INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN PADA WARNET TARA KOMPUTER

Fajar Abdurrokhman, Adiyanto .

Sari


Sistem keamanan yang berbasis IoT merupakan suatu sistem yang sedang buming di kalangan pecinta teknologi saat ini. Keberadaan sistem ini sangatlah penting. Dalam hal ini, Warnet Tara komputer dijadikan sebagai tempat penulisan, karena keamana pada tempat tersebut masih belum dibuat dengan baik dan menimbulkan permasalahan pada keamanan area yang ditinggalkan atau ketika warnet sedang dalam keadaan tutup. Dengan penguncian yang hanya permodalkan gembok membuat pemilik warnet selaku yang bertanggung jawab atas keamanan warnet merasa resah dengan keamanannya.

Tujuan penulisan ini adalah untuk membuat sebuah keamana yang tersistematis menggunakan teknologi yang berbasis IoT  sehingga dapat memudahkan pemilik dalam memonitoring ke adaan warnet yang sedang tutup atau ditinggalkan dan juga dapat meminimalisir terjadinya resiko pencurian di dalam warnet. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan metode waterfall dalam pengembangan.

Cara pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Alat bantu analisis yang digunakan yaitu Unified Modeling Language (UML). Sistem informasi ini dibangun agar dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data peminjaman sampel validasi.

Kata kunci: Android, Internet of Thing, Keamanan, Sistem , Telegram.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, J. (2018). Metode Pengumpulan dan Analisis Data. Yogyakarta: Andi.

Kadir, A. (2016). Arduino Dan Sensor. Scatch for Arduino. In A. Kadir , Arduino Dan Sensor. Scatch for Arduino (p. 56). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahmat, B., & Nugroho, B. (2017). Pemrograman Robot Cerdas Menggunakan Arduino. In I. Pustaka, Pemrograman Robot Cerdas Menggunakan Arduino (p. 54). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Saefudin , M. (2020, 03 23). Menangani ESP32 Cam Mudule kamera Arduino. Retrieved 04 22, 2020, from indomaker: http://indomaker.com/index.php/2020/03/23/menangani-esp32-cam-module-kamera-arduino/

Sanjaya, M. (2018). Panduan Praktis Membuat Robot cerdas Mengunakan Arduino dan Matlab. In Panduan Praktis Membuat Robot cerdas Mengunakan Arduino dan Matlab (p. 34). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sayuti, A. (2015). UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Perancangan Sistem Monitoring Suhu Menggunakan Rasberry Pi Berbasis Web dan Android, 24.

Sukamto R.A. dan Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika

Sukran, R. (2015). Universitas Gunadarma Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi. Motion Detector Alarm Dengan Kamera Serial Berbasis Arduino Uno, 10-115.

Susanto. (2015). STMIK STIKOM Bali. Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Smart Village Menggunakan Metode Pieces, 45.

Winanto, & Andi. (2016). Mikrokontroller AVR ATmega 8/16/32/8535 dan Pemogramannya dengan Bahasa C. Bandung: Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.186

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.