Gambar Sampul

PERANCANGAN MARKETING INFORMATION SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK SEPATU TOMKINS BERBASIS ANDROID

Riyanto ., Mustar Aman

Sari


PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk merupakan Perusahaan multinasional yang bergerak dibidang manufaturing alas kaki. Produk yang dihasilkan oleh Perusahaan tersebut berupa sepatu, sandal, kaus kaki, tas dan beberapa apharel. Salah satu produk yang dihasilkan dan sangat populer di masyarakat Indonesia adalah Tomkins. Tomkins menjadi merk lokal yang sangat diperhitungkan diantara kompetitornya karena produknya memiliki kualitas dan desain yang sangat  bervariasi serta menggunakan material lokal yang tidak kalah dengan dengan Merk populer Internasional lainnya.

Penjualan produknya dilakukan melalui 3 metode, yaitu Direct Selling, Consignment dan Penjualan Online. Penjualan Online menggunakan 2 line, yaitu menggunakan line web Perusahaan sendiri dan bekerjasama dengan beberapa Online store yang ada di Indonesia. Sistem perekaman data penjualan menggunakan sms gateway yang terintegrasi dengan server Perusahaan, yang dalam implementasinya sering terjadi kesalahan pengiriman format dan layanan operator yang sering error. Masalah tersebut mengakibatkan keterlambatan dalam pengolahan data dan pembuatan laporan dalam mendukung strategi peningkatan penjualan. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan di PT. Primarindo Asia Infrastructure, Tbk terutama pada Divisi Marketing, maka penulis simpulkan bahwa terjadi permasalahan pada pengolahan data penjualan sehingga berpengaruh terhadap strategi peningkatan penjualan yang berdampak pada penurunan profit.

Penelitian ini bertujuan membuat suatu sistem yang mampu merekam data secara cepat dan akurat untuk pembuatan laporan penjualan serta mampu menyajikan informasi stok secara up to date sehingga peningkatan penjualan dapat dicapai. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi front end berbasis Android yang akan diinstall pada handphone sales yang ada di semua store di Seluruh Indonesia sehingga meminimalisir kesalah format pengiriman pelaporan dan keterlambatan dalam perekaman data penjualan.

Kata kunci: System, Marketing, Information, Android


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jubilee Enterprise. 2015. Dasar-Dasar Pemrograman Android. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Wiyono, N (2020). Prototype Sistem Informasi Posyandu berbasis Android. Jurnal IPSIKOM Vol.8. No.1. http://ojs.ipem.ecampus.id/

Nazruddin Safaat H, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung, 2012.

Pudjo Widodo, Menggunakan UML (Unified Modeling Language), Bandung, 2011.

Mustaraman (2019). Aplikasi Informasi Nilai Siswa SMA Sukatani dengan metode Cload Test Berbasis Android. Jurnal IPSIKOM Vol.7. No.2. http://ojs.ipem.ecampus.id/

Munzir & Anita, Tri (2010). Marketing Information System (Mengenali Potensi Produk Pada PT. Wahana Astra Motor Cab. Pondok Pinang). Jurnal SOSIO e-KONS VolI. No.2. https://journal.lppmunindra.ac.id/

Jogiyanto HM, (2010), Analisa & Desain Sistem Informasi Pendekatan terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.185

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.