Gambar Sampul

ANALISA BANDWIDTH PADA JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN PARAMETER QUALITY OF SERVICE (STUDI KASUS: CAFÉ ILHAM)

Imam Fauzy Muldani Rachmat

Sari


Café Ilham  yang berlokasi di Banjar merupakan tempat   menjual makanan dan minuman dimana pengunjung dapat sambil bersantai sambil menggunakan internet sehingga untuk pengembangan bisnisnya maka internet adalah fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh pengunjung, selain dapat memesan makanan dan minuman tetapi mencari informasi, mengirim email,video streaming atau download file.

Akses internet melalui wifi gratis merupakan salah satu pendorong untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Tetapi terdapat keterbatasan Bandwidth yang tersedia. Ketika menggunakan akses internet terdapat trouble jaringan ketika dilakukan transmisi data menjadi lambat, rusak, mengalami run time out. Supaya permasalahan ini bisa dijelaskan secara ilmiah maka perlu dilakukan pengukuran kualitas Bandwidth jaringan internet melalui parameter QoS yang terdiri dari throughput, Delay,Jitter dan Packet Loss.  

Analisa QoS yang dilakukan pada dua lokasi yaitu lantai satu dan dua menggunakan network tool wireshark dengan hasil analisa penilaian standar TIPHON,nilai troughput dan nilai packet Loss yang buruk ketika jam sibuk dengan nilai indeks 1 khususnya untuk lokasi lantai 2 supaya analisa QoS ini dapat berkembang lebih baik lagi maka dilakukan management Bandwidth dalam jaringan internet sebaik mungkin. Perlu penambahan kapasitas Bandwidth untuk meningkatkan kualitas layanan internet pada jam sibuk.

Kata Kunci: TIPHON,Quality of Service,Jitter,Troughput,Packet Loss,Delay

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


ETSI. (1999). Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS). Etsi Tr 101 329 V2.1.1, 1–37.

Hasanul Fahmi. (2018). Analisis Qos (Quality of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Lost Dan Throughput Untuk Mendapatkan Kualitas Kerja Radio Streaming Yang Baik. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 98–105.

Iskandar, I., & Hidayat, A. (2015). Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus: UIN Suska Riau). Jurnal CoreIT, 1(2).

Kurniawan, A. (2012). Network Forensic. Andi Offset.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan komunikasi. Alfabeta.

Ningsih, Y. K., Susila, T., & Ismet, R. F. (2004). ANALISIS QUALITY OF SERVICE ( QoS ) PADA SIMULASI JARINGAN MULTIPROTOCOL LABEL SWITCHING VIRTUAL PRIVATE NETWORK ( MPLS VPN ). JETri, 3(2), 33–48.

Pranata, Y. A., Fibriani, I., & Utomo, S. B. (2016). Analisis Optimasi Kinerja Quality of Service Pada Layanan Komunikasi Data Menggunakan Ns-2 Di Pt. Pln (Persero) Jember. Sinergi, 20(2), 149. https://doi.org/10.22441/sinergi.2016.2.009

Sora, N. (2015). Pengertian Bandwidth Dan Fungsinya Secara Jelas. Www.Pengertianku.Net. http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-bandwidth-dan-fungsinya.html

Sukendar, T., & Saputro, M. I. (2019). Analisa Jaringan LAN menggunakan Teknologi EtherChannel untuk meningkatkan performa jaringan pada SMU Panca Sakti Jakarta. Jurnal Teknologi Informasi, 5(2), 2–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v9i1.182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.