SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK FURNITURE MENGGUNAKAN KONSEP E-BUSINESS B2B : Studi Kasus Pada PT. Trifoli Kayakarya

. Jumiran, Aminul Fitri, Beby Tiara

Sari


ABSTRAK
Pada era perdagangan bebas saat ini merupakan masa persaingan yang hebat dan kompetitif diantara produsen dalam memasarkan hasil produknya. Seluruh produsen saling berusaha dan berlomba-lomba supaya produknya dapat diterima bagi masyarakat luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini yang dilakukan salah satunya suatu perusahaan yang bergerak dibidang furniture yaitu PT. Trifoli Kayakarya yang beralamatkan di Jl. Arya Santika, Km 3,2, Desa Pasir Nangka, Tigaraksa, Tangerang, Banten.
Metode yang digunakan adalah penerapan teknologi informasi berbasis web, yang dikembangkan dengan konsep E-Business dengan fokus pada model B2B (Business To Business).
Konsep bisnis B2B yang dirancang pada PT. Trifoli Kayakarya bertujuan tidak seperti konsep E-Commerce pada umumnya, tetapi mempunyai setrategi dan tujuan khusus dalam usaha meningkatkan pemasaran produknya. Harapan dari penelitian ini PT. Trifoli Kayakarya tetap mampu bersaing dalam penjualan produknya ditengah era perdagangan bebas termasuk menghadapai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).
Kata kunci : Sistem Informasi, Pemasaran, Produsen, E-Bisiness, E-Commerce, B2B

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Mcleod, Raymond, “Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT.Prenhallindo.”, 2001

Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.”, 2001

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, “Perspektif e-business : tinjauan teknis, manajerial, dan strategi. Penerbit Andi, Yogyakarta” 2001

Stanton, William J, “Prinsip Pemasaran. Erlangga Jakarta” , 2001

Koch Hope, “business-to-business electronic commerce marketplaces : The alliance process journal of electronic commerce research, Texas A&M University” 2002

Rommey, Krismiaji, “Sistem Informasi Manajemen” 2002

Andam, ZR, “E-Business & E-Commerce” 2003

Tata Sutabri, “Sistem Informasi Manajemen, Andi Yogyakarta”, 2005

Swastha, Basu dan Irawan, “Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta” 2005

O'Brien, A, James. Introduction to Information Systems, 12 th ed. Dialihbahasakan oleh Dewi Fitriasari dan A, Kwary Deny. Jakarta: Salemba Empat, 2006

Putri , Analisa Strategi Pemasaran Usaha Jasa Pembuatan dan Perbaikan Furniture:Studi kasus UD. Suryani Furniture Bogor Jawa Barat, Bogor:Institut Pertanian Bogor

Kertahadi, “Pengertian Sistem Informasi Manajemen” ,2007

Merry, “Karakteristik Website B2B” 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.