ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KURSUS BAHASA INGGRIS PADA INTENSIVE ENGLISH COURSE DI CILEDUG TANGERANG

Daniel Dido Jantce TJ Sitinjak, . Maman, Jaka Suwita

Sari


ABSTRAK
Pada era globalisasi sekarang teknologi informasi merupakan salah satu teknologi yang sedang berkembang pesat, salah satunya penggunaan komputer sebagai sarana penunjang dalam sistem informasi dapat memberikan hasil yang lebih untuk output sebuah sistem.
Lembaga Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang merupakan salah satu badan usaha yang bergerak dibidang pelayanan pendidikan. Saat ini proses pelayanan administrasi di Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang belum terkomputerisasi, sehingga bagian administrasi kesulitan dlam melakukan pengolahan data seperti jadwal kursus, data siswa, data sertifikat, dan pembayaran kursus yang masih belum optimal mengakibatkan lamanya waktu untuk mencari data yang dibutuhkan dan kurang efektifnya kinerja dalam pelayanan administrasi. Sehingga penulis rasa perlu mengembangkan sistem informasi administrasi di Intensive English Course Institute dengan cakupan proses pendaftaran calon siswa dan pemesanan kelas dengan aplikasi sistem informasi yang berbasis web.
Penggunaan sistem ini dibagi menjadi 3 akses yaitu untuk bagian utama ada pada admin, kemudian Student dan Teacher. Alat pengembangan yang digunakan dalam penulisan ini ialah PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai sistem basis data dan Codeignitier sebagai media perancangan membuat Sistem Informasi Administrasi serta Bootsrap sebagai media pendukung untuk merancang situs web dan aplikasi web.
Perancangan sistem penulisan ini penulis gunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan 4 tahapan yaitu Analisis, perancangan, pengkodean dan pengujian. DFD (Data Flow Diagram) sebagai alat pemodelan sistem aplikasi. Hasil dari penelitian ini memberikan kemudahan kepada petugas adminisrasi kursus dan pengajar dalam melakukan kegiatan kursus seperti jadwal kursus, data siswa, data sertifikat, dan pembayaran kursus dan penyajian laporan menjadi lebih cepat dan efektif.
Kata kunci: Analisis, Perancangan, Sistem, Administrasi, Kursus, Bootstrap, Codeignitier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, Elisabeth Yunaeti Dan Rita Irviani.2017.Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Aristania, Nur dan Indah Uly Wardati. 2017. Pembuatan Sistem Informasi Pengelolaan Persediaan Barang Dan Data Proyek Gypsum Pada Utomo Gypsum. Journal Speed Vol 9 No 1.

Aris, Dini Andriani, Apriyani Romondor & Dian Eka Sari. 2016. Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Tiket Pada Pt. Nur Risky Pratama Travel Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia.Stmik Amikom Yogyakarta. ISSN: 2302-3805 Vol. 4 No. 1.

Arif Hidayat.2015. Aplikasi Manajemen Kegiatan Untuk Organisasi Non Profit Berbasis Website”. Jurnal MIKROTIK Vol 5 No 2.

Asep Abdul Sofyan, Puput Puspitorini, Muhammad Arif Yulianto. 2016. Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle). Tangerang: Jurnal SISFOTEK GLOBAL STMIK Global.

Babaei, Hamed. A survey of approaches for university course timetabling problem. htttp://www.sciencedirect.com/science/journal/03608352 (24 Mei 2019)

Boyke Fitriadi. 2014. Tinjauan Atas Sistem Informasi Akuntansi Pada Transaksi Pembelian Bahan Baku Pada Pt. Bumi Bersama. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Djahir, Y., & Pratita, D. 2015.Bahan Ajar Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Dra. Sri Ati, M.Si. Dkk. 2014. Pengantar Konsep Informasi, Data, Dan Pengetahuan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Faridi, Peni Aripianti dan Retno Widuri. 2016. Perancangan Sistem Informasi E-Jurnal pada Perguruan Tinggi Berbasis Web. Jurnal CERITA. Tangerang: Perguruan Tinggi Raharja. ISSN: 2461-1417. Vol.2 No.2-Agustus 2016.

Anggelia, Gressi. Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa

Inggris Berbasis Web (Studi Kasus: Wall Street Institute, Pondok Indah). Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2011.

Hutahaean, Japerson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish CV. Budi Utama.

Hisbanarto, Y. V. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maimunah, Padeli, Erna Astriyani.2018. Pengembangan Website Perpustakaan dalam Menunjang Sistem Pelayanan dan Informasi pada Perjuruan Tinggi Raharja. Tangerang: STIMIK Raharja.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Nahado, Moh Royhan. 2014. Bumbu Bumbu Membuat Website PHP, Apache & MySQL, Editor (Komodo Edit). Published.

Rosa, A.S., dan M. Shalahuddin. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Rosa, A.S., dan M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Rusdiana, H. A. dan Moch.Irfan. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Cet.1. Bandung: Pustaka Setia.

JURNAL IPSIKOM Vol. 8 No.1, Juni 2020 ISSN : 2338-4093, E-ISSN : 2686-6382

Romney, Marshall B Dan Paul John Steinbart. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Puput Puspito Rini Dkk.2016. Rancangan Sistem Informasi Konversi Nilai Mahasiswa Pindahan Dan Lanjutan. Tangerang: STMIK Global. Jurnal Sisfotek Global Vol. 6 No 1. Purbadian, Yenda. 2016. Trik Cepat Membangun Aplikasi Berbasis Web dengan Framework CodeIgniter. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wibowo, Wahyu, Yudi dkk.2014."Perancangan Sistem Informasi Posyandu Online". Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Vermuiten, Hendrik. “Developing compact course timetables with optimized Student flows” www.sciencedirect.com/science/journal/03772217 (24 Mei 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.