Penerapan Metode Topsis Pada Perancangan Sistem Pengambilan Keputusan Penentuan Hasil Produksi Velg Motor Terbaik (Studi Kasus PT.Batavia Cyclindo Industri)

Imam Fauzy Muldani Rachmat, Winanti .

Sari


Abstrak-PT Batavia Cyclindo merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang velg motor dengan berbagai merek motor seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, dan Suzuki dimana perusahaan tersebut menetapkan kebijakan untuk para pekerja agar dapat memberikan kualitas yang diinginkan perusahaan diantaranya dengan tambahan jam kerja atau lembur, tetapi jam kerja yang berlebih dapat menimbulkan tingkat produktifitas seseorang akan menurun dan berdampak pada kualitas hasil produksi yang kurang baik, misalnya pengerjaannya dilakukan secara terburu-buru menyebabkan jumlah produksi yang kurang diperhitungkan sehingga terjadi penumpukan pada gudang.
Penumpukan barang berdampak terhadap kerugian bagi perusahaan yaitu minat pelanggan kurang, biaya produksi tinggi dan keuntungan yang diperoleh kecil menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Perusahaan perlu mengambil suatu keputusan hasil produksi velg motor yang terbaik untuk dapat menarik perhatian konsumen dengan biaya yang serendah rendahnya, namun dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu perlu aplikasi pengambilan keputusan yang dapat menentukan hasil produksi velg motor terbaik berbasis web menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity To Ideal (TOPSIS). Penelitian ini menghasilkan sistem pengambilan keputusan yang menerapkan metode TOPSIS berupa produk aplikasi web untuk penentuan hasil produksi velg motor terbaik dengan kriteria adalah biaya produksi, minat pelanggan, laba produk, dan waktu produksi.Berdasarkan pengujian aplikasi dari data contoh uji dihasilkan nilai preferensi yang tertinggi sebesar 0,879019984 dengan alternatif adalah Honda Vario 110.

Kata kunci: Velg Motor,Sistem Pengambilan Keputusan,TOPSIS,Produksi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Herdiyanti, A. dan U. D. Widiyanti.2013. Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Pegawai Baru di PT.ABC. Jur.II.Komputa.Vol.2,No.2,Oktober 2013,pp.49-56

Khosrow-Pour, M. 2005. Encyclopedia of Information Science and Technology (5Volumes). Idea Group Reference.

Marimin. 2004. Teknik Dan Aplikasi Pengambilan Keputusan.

Murnawan & Akhmad , 2012. Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Technique for Order by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Jurnal Sistem Informasi, 4(1), pp.398–412.

Sommerville, I.2011. SOFTWARE ENGINEERING Ninth Edition. Massachusetts: AddisonWesley

Tjiptono, Fandy.2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Widodo,Prabowo.2011.Menggunakan UML. Informatika.Bandung

Windarto, Agus Perdana .2017.“Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan”, Klik-Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer.Vol 4,No.1,Februari 2017 , pp. 88-101




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v7i2.158

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.