ANALISIS PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BPR ARTA PRIMA SEJAHTERA
Sari
Mengingat persaingan bank dewasa ini semakin ketat, maka manajemen bank harus memiliki kemampuan untuk
menyusun strategi promosi dan memberikan pelayanan yang prima sehingga diharapkan mampu memuaskan nasabah,
calon nasabah dan pihak-pihak lain yang berhubungan dengan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh strategi promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Adapun desain penelitian yang gunakan dalam penelitian ini, yaitu desain
penelitian deskriptif. Sampel diambil tidak secara acak, tapi ditentukan sendiri oleh peneliti dengan jumlah sampel 100
orang. Berdasarkan hasil penelitian baik secara simultan terdapat pengaruh yang posit dan signifikan variabel strategi
promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera. Demikian juga secara parsial,
terdapat pengaruh strategi promosi secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BPR Arta Prima Sejahtera.
Demikian juga terdapat pengaruh variabel kualitas pelayanan secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
BPR Arta Prima Sejahtera.
Kata kunci : strategi promosi, kualitas pelayanan, & kepuasan Nasabah
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bateson, John E. G., 2001. Managing
Service Marketing, Third Edition,
Orlando, Dreyden.
Firdaus, 2006. Pengaruh Kinerja
Pengoperasian dan Penyerahan
Jasa Kelistrikan Terhadap Nilai
Pelanggan dan Citra Perusahaan,
serta Pengaruhnya Terhadap
Kesetiaan Pelanggan Listrik
Rumah Tangga Di Jawa. Disertasi.
Jakarta.
Grant, Allison, 1997. Standars Measure
and Performance Indicator,
Handbook of Customer Service,
Gower Publishing Limited.
Griffin, Jill, 2002. “Customer Loyalty how
To earn it, How To kep it I “, Mc
Graw Hill, kentucky.
Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran
dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Bandung.
Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2000.
“Principle of Marketing “, Prentice
Hall International Inc., Ney Jersey.
Lovelock, Christoper, 2002. “Service
Marketing and Management”,second edition Prentice Hall, New
York.
Oliver, Richard, 1996. “Satisfaction a
Behavior Perspective on The
customer”, Mc Graw Hill, New
York.
Peter, Paul and Olson, Jerry, 1999.
Consumer Behaviour and
marketing Strategy, Third Edition,
Homewood, Il Irwin.
Zethaml, A, Valerie and Marry Jo Bitner,
,. “Service Marketing “, Mc
Graw Hill, New Jersey.
Singgih, Santoso dan Tjiptono, Fandy.
Riset Pemasaran : Konsep
dan Aplikasi dengan SPSS. PT.
Elekmedia Komputindo Gramedia.
Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen
Pemasaran Jasa. Andi ofset. Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v2i1.147
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.