PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ON-LINE MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA SMA NEGERI 1 SUKATANI

. Sadimin, Mustar Aman, . Suroso

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana kesiapan siswa dalam implementasi model e-learning, bagaimana memahamkan mereka tentang e-learning, untuk melihat bagaimana implementasi dan memprediksi peluang yang didapat dimasa datang. Penelitian ini menggunakan metode survey dan analisis data kuantitativ teknik. Dengan menggunakan 100 responden. Descriptif statistik juga diimplementasikan dalam analisis data ini. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-learning membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (content) dan system. Dengan e-learning, siswa bisa mengakses website elearning dengan efektif dan efisien dan siswa bisa langsung mengakses materi berbentuk teks yang bisa di download yang berbentuk e-book, video, chatting dan video call. Metodologi Pegembangan System dengan menggunakan Waterfall dengan pengambaran berbasis Unified Modelling Languagel. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan Model Pembelajaran On-Line (e-learning) berbasis website dengan LMS (Learning Management System) dan pengujian menggunakan black box testing, untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan waktu lebih efisien sehingga hasil yang akan dicapai siswa lebih mudah dalam belajar dan menguasai teknologi sehingga siswa secara aktif akan mempercepat tercipta skill pada siswa.
Kata kunci: Pengembangan, Learning Model, Sistem elearning, LMS, efektif, efisien.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Hasbullah, “Perancangan dan Implementasi Model Pembeajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di JPTE FPTK UPI”, Jurnal Peningkatan kualitas pembelajaran UPI (1999).

A. Herman, “Mengenal E-Learning”, (2005).,http://www.asep-hs.web.ugm .ac.id (diakses tanggal 28 Mei 2010).

Munir, “Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi”, Bandung: Alfabeta (2009)

Niam. “Menuju Pembelajaran Online (ELearning)”, (2009).http://www.scribd. com/doc/3365808/Pembelajaran-eLearning (diakses tanggal 28 Mei 2010).

Pakhrur Razi, “Pengembangan E-Learning Physics Menggunakan Learning Management System (LMS) Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Termodinamika Jurusan Fisika” Prosiding Seminar Nasional Fisika Universitas Andalas (SNFUA, 2009).

Clark, Ruth Colvin, “E-Learning and The Science of Instruction”, (2003) http://www. elearningguru. com/books/science_instruction.pdf(diakses tanggal 28 Agustus 2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v6i2.126

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.