PERANCANGAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA RESTOURAN APARTEMEN SKYLOUNGE TANGERANG

Mustar Aman

Sari


ABSTRAK
Restouran Apartemen Skylounge merupakan perusahaan distributor berbagai jenis daging sapi
import maupun lokal, daging ayam, ikan dan kebutuhan protein lainnya, dalam keadaan fresh
frozen, baik skala kecil maupun skala besar. Dalam upaya untuk mendapatkan loyalitas
pelanggan, perusahaan distributor Restouran Apartemen Skylounge harus berfikir mencari cara
untuk melayani pelanggan dengan efektif dan akurat karena perusahaan belum sepenuhnya
mengetahui karakteristik dari setiap pelanggan. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan
berpindah ke perusahaan kompetitor. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang dapat
mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan dengan mengaplikasikan konsep
Electronic Customer Relationship Management (e-CRM). Konsep Electronic Customer
Relationship Management (e-CRM) itu sendiri berguna untuk memantau atau memonitoring
setiap kegiatan dan keinginan pelanggan yang ada, sehingga dapat menunjang para stakeholder
untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, serta dalam pengambilan keputusan dapat
lebih cepat, tepat dan akurat. Dengan demikian konsep Electronic Customer Relationship
Management (e-CRM) ini dapat menjawab semua permasalahan atau semua kendala yang
terjadi di dalam perusahaan distributor Restouran Apartemen Skylounge.
Kata kunci : Electronic Customer Relationship Management, Loyalitas, Pelanggan,Restouran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

S. Sumanthi, S.N. Sivanandam.

Introduction to Data Mining and its

Applications. Penerbit Springer, 2006.

Kalakota, Ravi dan Marcia Robinshon ,

E-Bussiness 2.0 : Roadmap For Success,

Addison-Wesley Information Technology

Series. Penerbit Addison-Wesley

Professional , 2001.

Meyliana. 2008. “Implementasi E-CRM

pada perusahaan distributor dan retail

peralatan kebugaran, kesehatan, dan

olahraga:studi kasus pada PT Kiss”

dalam Jurnal Piranti Warta. Vol XI no.2

Griffin, Jill. (2005). Customer Loyalty :

Menumbuhkan dan Mempertahankan

Kesetiaan Pelangan. Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane

Keller.(2008). Marketing Management.

th Edition. Prentice Hall, USA.

Pengertian Sistem Informasi Menurut

ParaAhli,forum.himsisfo.net/index.php?t

opic=3418.0, 19/10/2012 20:44.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v3i1.108

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.