SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN CALON PENERIMA BEASISWA DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI MENGGUNAKAN FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING
Sari
Steganography is a technique to hide messages with other media such as images , auidio and
video , have been conducted since ancient Roman times , this technique is growing very rapidly
in the current era of computing with highly advanced technology . In addition, with the technique
of information security with encryption method with an increasingly complex algorithm that
generates an information security increasingly awake . Both of these techniques , often used by
many circles in the process of securing any such information by the author in daar el Qolam
boarding school by using these two techniques to minimize the subjectivity of assessment in
lakukakan by subject teachers to the students that the teacher know . With this technique the
authors use traditional two could draw the conclusion that one of the ways that can be used to
make the images as hidden identity Safety Engineering School Final Exam Answer Sheet (
LJUS ) Steganography Method Using sequential encoding and encryption to be performed in
boarding school daar el Qolam with the purpose of subjectivity in the assessment process
conducted by subject teachers , respectively , can reduce the assessment process is not
subjective
Keywords : steganography, encryption, Sequential, Assessment, LJUS
ABSTRAK
Steganography merupakan sebuah teknik menyembunyikan pesan dengan media lain seperti
gambar,auidio dan video, sudah dilakukan sejak zaman romawi kuno, teknik ini berkembang
sangat pesat di era sekarang dengan teknologi komputasi yang sangat canggih. Di tambah lagi
dengan teknik pengamanan informasi dengan metode enkripsi dengan algoritma yang semakin
komplek yang menghasilkan sebuah keamanan informasi semakin terjaga. Kedua teknik ini,
sering banyak digunakan oleh setiap kalangan dalam proses pengamanan informasi seperti
yang penulis lakukan di daar el qolam boarding school dengan menggunakan kedua teknik ini
untuk meminimalisir subjektifitas dalam penilaian yang di lakukakan oleh guru mata pelajaran
terhadap murid yang guru tersebut kenal. Dengan mengggunakan kedua teknik ini penulis bisa
menarik kesimpulan bahwa salah satu cara yang bisa digunakan untuk membuat identitas
tersembunyi dalam gambar seperti Teknik Pengamanan Lembar Jawaban Ujian Akhir Sekolah
( LJUS ) Menggunakan Metode Steganography Dan enkripsi sequential Encoding yang akan
dilakukan di pondok pesantren daar el qolam dengan tujuan subjektifitas dalam proses
penilaian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing, bisa mengurangi proses
penilaian yang tidak subjektif.
Kata Kunci : Steganography, enkripsi,Sequential, Penilaian, LJUS
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
NIIT.2001.Software Development Life
Cycle.Sona Printers Pvt,Okhla
NIIT.2001. Introducing to Unified Modelling
Language.Sona Printers Pvt, Okhla
NIIT.2001.Object oriented Analysis and
Design.Sona Printers Pvt, Okhla
Alhir, Sinan.2003.Learning
UML.O'Reilly,Sebastopol
Alhir, Sinan.2002.Guides to appling
UML.Springer-Verlag, New York
Booch,Grady.1993.Object Oriented Analysis
and Design.Addison, California
NIIT.2001.Relational Database Management
System.Sona Printers Pvt, Okhla
Suehring,Steve.2002.Mysql Bible.Wiley
Publishing, New York
Sheldon,Robert.2005.Beginning Mysql.Wiley
Publishing, Indianapolis
Holzner,Steve.2002.ADO.NET
Programming.Prentice Hall PTR, New York
NIIT.2001.VB.net Programming Part 1.Sona
Printers Pvt, Okhla
NIIT.2001.VB.net Programming Part 2.Sona
Printers Pvt, Okhla
Joshi,Bipin,Dickinson,Paul,Hoffman,Kevin,dkk.
Professional ADO.net
Programming.WROX,London
NIIT.2001.Object Oriented Programming Part
Sona Printers Pvt,Okhla
NIIT.2001. Object Oriented Programming Part
Sona Printers Pvt,Okhla
NIIT.2001. Security.Sona Printers Pvt, Okhla
Mc,Graw Hill. Software Security. 2006.
DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v3i1.106
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.