PROTOTIPE ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM PERHITUNGAN KEY PERFORMANCE INDEKS (KPI) STUDI KASUS PT. GEUM CHEON INDO

. Jainuri

Sari


ABSTRAK
Penelitian yang berjudul “Prototipe Analysa dan Perancangan Sistem Perhitungan Key Performance Indeks (KPI)” Studi kasus PT. Gheum Cheon Indo. Sebagai perusahaan yang saat ini sedang berkembang, PT. Geum Cheon Indo yang bergerak dibidang manufacturing metal press, harus dapat mengontrol performa kinerja semua internal departemen, ini dimaksudkan untuk mengukur pencapaian kinerja PT. Geum Cheon Indo apakah sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Ketidakakuratan data dan ketidaktepatan waktu pengiriman laporan Key Performance Indeks (KPI) dari masing-masing departemen ke managemen adalah beberapa bentuk kerugian yang dialami oleh PT. Geum Cheon Indo, karena menghambat informasi sebagai dasar pengambilan keputusan, disamping kerugian yang lain seperti, data-data tidak terkontrol dengan baik, angka defect yang tinggi, serta tidak adanya data laporan pada saat audit. Belum adanya pemprosesan data yang terinteregasi dalam penyususnan Key Performance Indeks (KPI) dan pembuatan laporan Key Performance Indeks (KPI) di PT. Geum Cheon Indo secara otomatis menjadi kerugian, khususnya di departemen produksi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem perhitungan key Performance Indeks (KPI) khususnya di departemen produksi. Aplikasi dalam sistem ini menggunakan bahasa pemrograman VB.Net, dan database MySQL. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, dan wawancara terhadap sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengujian validasi menggunakan Focus Group Discussion.
Sistem perhitungan key performance indeks (KPI) dapat dimanfaatkan oleh manajemen perusahaan PT. Geum Cheon Indo khususnya departemen produksi dalam dalam menghitung pencapaian target key performance indeks di departemen tersebut. Target selanjutnya adalah dengan adanya sistem ini proses perhitungan KPI akan lebih lancar dan menghasilkan informasi yang cepat dan akurat serta dapat menjawab dari permasalahan yang terjadi saat ini, selanjutnya sistem perhitungan Key Performance Indeks (KPI) juga dapat diterapkan pada departemen lain secara bertahap
Kata kunci : Prototipe, Sistem Informasi, Key Performance Indeks, KPI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Al-Jufri, Hamid.(2011). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta : Smart Grafika.

Gaspersz, Vincent. (2013). All-in-one 150 key Performance Indicators and Balanced Scorecard, Malcolm Baldrige, Leon Six Sigma Supply Chain Management. Bogor : Tri-Al-Bros Publising.

Gunawan, Imam. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta Timur: Bumi Aksara

Hartanto, Bambang. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta : Rineka Cipta.

Jogiyanto, HM. (2010). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

JURNAL IPSIKOM Vol. 8 No.1, Juni 2020 ISSN : 2338-4093, E-ISSN : 2686-6382

Pressman, R.S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Terjemahan : T. Nugroho, Adi ‘dkk’. Yogyakarta : Andi.

Shalahuddin.Rosa A.S, (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstrukturdan Berorientasi Objek). Bandung : Modula.

Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Sutanta, Edhy. (2011). Basis Data dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta : Andi

Tantra, Rudy. (2012). Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

Widodo, P.P dan Herlawati. (2011). Menggunakan UML (Unified Modeling Language). Jakarta : Informatika.

Yasin, Verdi. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta : Mitra Wacana Media

Zakiyudin, Ais. (2011). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Warren, J. (2011). Key Performance Indicators (KPI) - definition and action: Integrating KPIs into your company's strategy. London: ATI

Winarti, Endang Widi. (2018). Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta Timur: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.165

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.