PROTOTYPE SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS ANDROID

Nuri Wiyono

Sari


Di era teknologi informasi saat ini smartphone sudah menjadi bagian yang tak terpisahan dari masyarakat modern. Smartphone dimiliki oleh hampir di seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi, kebanyakan penggunaan smartphone hanya untuk aplikasi yang bersifat entertaining sehingga kurang maksimal dalam pemanfaatannya. Padahal smartphone memiliki potensi lebih yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan-kegiatan yang ada disekitar yang masih bersifat manual.
Penelitian ini akan membahas salah satu pemanfaatan aplikasi smartphone berbasis android sebagai penunjang kegiatan operasional Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu).Pada aplikasi ini, reminder pelaksanaan posyandu, pencatatan data balita, jadwal dokter yang akan hadir, jadwal imunisasi yang akan dilaksanakan, reporting dan lain-lain dapat dilakukan dalam satu aplikasi berbasis android.
Melalui aplikasi ini, diharapkan dapat membantu kegiatan operasional posyandu menjadi lebih terorganisir, memaksimalkan penggunaan smartphone berbasis android, dan minimalisir penggunaan kertas.
Kata kunci : Android, Aplikasi, Balita, Posyandu, Smartphone

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Kesehatan RI. 2012. Buku Pegangan Kader Posyandu 2012. Diakses dari http://www.depkes.go.id/resources/download/promosi-kesehatan/buku-saku-posyandu.pdf

JSON, “Pengenalan JSON”. https://www.json.org/json-id.html (diakses tanggal 10 September 2018)

Jubilee Enterprise. 2015. Dasar-Dasar Pemrograman Android. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

McConnell, Steve. 2004. Code Complete 2nd Edition, Microsoft Press

Musliani, Lidya Wati, dan Sri Marwani. 2017. “Aplikasi Pengolahan Data Posyandu” Jurnal Invotek POBENG - Seri Informatika, vol.2,No1.

Pratama, Sefto. 2016 “Peneapan Sistem Informasi Posyandu Mawar Kelurahan Simpang Empat” "Techologia" Vol7, No.4

Sommerville, Ian. 2003. Software Engineering, Erlangga Edisi 6, Jakarta.

Supriyanto, Aji dan Budi Hartono. 2017. “Penerapan Sistem Informasi Posyandu Bagi Kader di Kecamatan Semarang Selatan” Rekayasa Vol.15 No.2.

Tim EMS. 2015. Kamus Komputer Lengkap. PT Elex Media Komputindo, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v8i1.163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.