Perancangan Sistem Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Menggunakan Delphi 7 Pada Dinas Perumahan, Permukiman Dan Pemakaman Kabupaten Tangerang

Ajizah Ria Desti, Yunianto Agung Nugroho

Sari


ABSTRAK


Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang seringkali mengalami permasalahan dalam pengelolaan pendataan surat masuk dan surat keluar. Permasalahan yang dihadapi ialah saat pencarian surat yang diinginkan membutuhkan waktu yang lama dan pada saat pembuatan laporan yang hasilnya belum akurat, hal ini dikarenakan masih banyaknya kesalahan pada proses pencatatan data dan masih menggunakan sistem yang manual dimana pencatatan nya masih menggunakan buku besar. Untuk mempermudah pendataan surat masuk dan surat keluar, dibutuhkan sebuah sistem yang memiliki pencatatan dan penyimpanan data yang baik. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka peneliti mengusulkan sistem yang baru dalam melakukan pendataan surat masuk dan surat keluar, serta mempunyai tempat penyimpanan berbentuk sistem informasi. Pada sistem surat masuk dan surat keluar pada Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman di Kembangan dengan Bahasa pemograman Borland Delphi 7 dan database Ms. Access. Adapun metode yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Waterfallsehingga diharapkan adanya sistem yang baru tersebut dapat mengurangi terjadinya kesalahan pada proses pendataan surat masuk dan surat keluar., dan pengolahan data menjadi cepat dan efektif sehingga tidak memakan waktu yang lama pada saat pembuatan laporan, serta laporan yang dihasilkan sesuai dengan data yang ada. Selain itu sistem ini diharapkan dpat lebih menunjang kinerja/kegiatan pegawai dalam mengelola data surat agar lebih baik.

Kata Kunci : Analisa, Surat, Pendataan, Sistem, informasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


(1) Fathansyah, (2012).Basis Data Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

(2) Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

(3) Kadir, A. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

(4) Mulyadi, (2016:5). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

(5) Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

(6) Sutabri, T. (2016:26). Sistem Informasi Management. Yogyakarta: Andi. Tata sutabri

(7) Sutabri, Tata. (2012). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta : Andi.

(8) Sutabri,Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.

(9) Tohari, Hamim. (2014) .Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Andi.

(10) Tyoso, J. S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.58217/ipsikom.v7i2.162

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


LPPM Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Jl. Raya Serang Km. 10 Bitung, Curug, Tangerang 15810
Telp. 021-59492836 / 02159492837
Website : http://www.lppm.ipem.ac.id
Email : lppm@ipem.ac.id

 Lisensi Creative Commons Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.